GELAR POTENSI SMA 4 MELALUI KEMAH BAKTI

  • Beranda
  • Berita Umum
  • GELAR POTENSI SMA 4 MELALUI KEMAH BAKTI
GELAR POTENSI SMA 4 MELALUI KEMAH BAKTI

GELAR POTENSI SMA 4 PURWOKERTO MELALUI KEMAH BAKTI

Hujan deras maupun teriknya matahari tak menyurutkan langkah siswa ke XI dan pengurus organisai siswa SMA Negeri 4 Purwokerto, untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam kemah bakti sekolah yang dilaksanakan selama 4 hari.

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah Prijatno Edy Purwanto Kamis (12/3) ditutup Minggu (15/3). Prijatno mengatakan bahwa tujuan utama dari kemah ini adalah dalam rangka penilaian aktualisasi kepramukaan serta penguatan kelembagaan organisasi siswa. “Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari kepramukaan, kegiatan penyuluhan Triad KRR oleh PIK R Remaja, Lomba Karya Tulis, pentas seni, english corner, lomba cerdas cermat, lomba memasak  dan kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat yaitu bakti sosial” jelas Kepala Sekolah.

Prijatno menyadari bahwa organisasi sekolah dapat eksis ketika diberi kesempatan untuk berkarya. Untuk itu pihaknya memberi ruang kepada semua organisasi sekolah, untuk maju melalui kemah ini.  “Melalui kegiatan kemah ini akan terlihat potensi anak baik sebagai pribadi, kelompok, maupun organisasi untuk menyukseskan pelaksanaan upaya pengembangan sumberdaya manusia, serta keterlibatan langsung dengan masyarakat melalui kegiatan sosial” tambahnya.

Nining Indriyatun selaku Pembina mengatakan semua peserta antusias mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan dari pagi sampai malam. “Dari semua kegiatan berjalan dengan baik dan meriah” katanya.

Nining menjalaskan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tentang kesehatan reproduksi, bahaya HIV Aids dan Narkoba peserta aktif dan interaktif dengan para narasumber walau kegiatan selesai lebih dari jam sepuluh malam.  “Kami melibatkan berbagai pihak untuk kegiatan ini, misalnya dari Bapermas PKB mengisi materi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Bahaya HIV Aids, dari kepolisian mengisi bahaya Narkoba, kami juga mengundang ketua PIK Remaja Gibita Rempoah Hindarwan yang pernah menjadi Juara I Nasional untuk memberi motivasi karena PIK Bahagia SMAN 4 akan mengikuti lomba PIK Tingkat Jawa Tengah” katanya.

Demikian juga kegiatan lain dari Pionering, Lomba Cerdas Cermat, Engilsh Corner dan memasak semua mendapat perahtian dan keseriusan dari peserta. “Untuk lomba masak yang dikemas dengan istilah “Master Chief Smapa” menghasilkan masakan yang layak disajikan di pasaran bahkan hotel” jelas Nining.

Nining melanjutkan kegiatan juga ada yang melibatkan masyarakat luas yaitu berupa bazar murah sembako dan pemberian gratis sembako kepada warga kurang mampu, penarik becak dan lainya.

Munawar Holik siswa kelas XI selaku ketua panitia menjelaskan untuk bazar sembako murah pihaknya menyediakan 200 paket sedangkan untuk paket sembako gratis disediakan 50 paket. “Paket sembako yang terdiri dari beras, susu dan minyak dengan harga 45 ribu kami jual hanya 25 ribu rupiah untuk warga kurang mampu, sedangkan untuk warga yang benar-benar tidak mampu kami memberi secara gratis, ini adalah kepedulian kami terhadap warga yang kurang beruntung” jelas Munawar.

Puncak acara dari kegiatan kemah ini adalah Smapa Go Talent yang menampilkan berbagai seni dari para peserta.

Parsito : Pemberitaan dan Dokumentasi

Sumber: www.banyumaskab.go.id/