PIK R “Bahagia” SMAN 4 Juara Provinsi, Maju Tingkat Nasional

  • Beranda
  • Berita Umum
  • PIK R “Bahagia” SMAN 4 Juara Provinsi, Maju Tingkat Nasional
PIK R “Bahagia” SMAN 4 Juara Provinsi, Maju Tingkat Nasional

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto, menjadi PIK R Terbaik di Provinsi Jawa Tengah. Mereka berhak maju lomba Tingkat Nasional mewakili Jawa Tengah. PIK R ini, menjadi yang terbaik di tingkat provinsi melalui evaluasi yang dilakukan pekan lalu.

Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdaayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas Diah Pancasilaningrum mengatakan pihaknya medapat informasi dari BKKBN Jawa Tengah untuk mempersiapkan PIK Bahagia, mengikuti lomba tingkat nasional.

Dari evaluasi yang dilakukan oleh tim Provinsi, SMA 4 Purwokerto sudah melaksanakan kegiatan penanganan masalah Triad KRR, dan menjadi yang terbaik di Jawa Tengah sehingga berhak maju tingkat nasional” kata Diah.

Menurut Diah untuk lomba tingkat Nasional, PIK R Bahagia, harus mengirimkan data administrasi, dan profil organisasi paling lambat tanggal 8 Mei, sudah terkirim ke Provinsi untuk dilanjutkan ke Jakarta.

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Purwokerto, Arif Priadi menyatakan kesiapanya. Menurutnya organisasi disekolahnya itu telah menunjukan aktifitas mewujudkan generasi berencana (Genre). Kegiatan sosialisasi tentang kesehatan reproduksi, dan ajakan menunda usia perkawinan, tidak melakukan seks sebelum nikah dan katakan tidak pada napza sudah rutin dilakukan, baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.

Mereka juga sering menerima konseling dari temannya, permasalahan yang dihadapi,” katanya.

Arif menambahkan yang menguatkan organisasi ini adalah anggota berasal dari pengurus organisasi sekolah lainya seperti OSIS, Pramuka, PMR, Pecinta Alam dan lainya. Para pengurus organisasi ini menjadi pendidik dan konselor sebaya di PIK R. “Mereka sudah tau manfaat kegiatan PIK, sehigga mereka menjadi konselor temen terdekatnya, karena pada umumnya remaja akan lebih terbuka dalam mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dengan teman terdekat,” kata Arif

Sementara itu Pembina PIK R SMA Negeri 4 Nining Indriyatun mengatakan PIK binaanya terdapat pendidik sebaya dan konselor sebaya. Mereka sudah melalui berbagai pelatihan dan siap menerima dan memberikan konseling kepada temanya yang datang untuk curhat.

Menurut Nining, PIK Bahagia banyak melakukan kegiatan bagi remaja seperti pendampingan dengan temen sebaya, komunikasi informasi edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi, KIE tentang HIV/AIDS, KIE tentang Napza dan lain-lain.

Kami telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak selain DPPKBP3A Puskemas selaku pembina teknis, kami juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Puskesamas) BNN, KPA, Polres, PIK R Gibita dan lainya” tambahnya

Ketua PIK R Bahagia Karin mengatakan telah mampu melakukan kegiatan disertai dengan tujuan dan sasaran yang jelas dengan kegiatan variatif dan inovatif.

Kami berharap PIK Remaja Bahagia kedepan akan semakin mampu menjadi partner pemerintah dalam upaya Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang lebih baik dan mewujudkan generasi berencana,” kata Karin Septa Arsely (Parsito)